Nama : Meyta Whitney A M
NPM : 26214614
Kelas : 3EB12
Tugas : Teknologi SIA
LAZADA
LAZADA
Indonesia adalah pusat belanja online yang menawarkan berbagai macam jenis
produk mulai dari elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat
kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan perlengkapan
traveling dan olah raga. LAZADA Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan
merupakan salah satu cabang dari jaringan retail online LAZADA di Asia
Tenggara. Grup LAZADA International di Asia Tenggara terdiri dari LAZADA
Indonesia, LAZADA Malaysia, LAZADA Vietnam, LAZADA Thailand, LAZADA Filipina.
Jaringan LAZADA Asia Tenggara merupakan cabang anak perusahaan jaringan
perusahaan internet Jerman Rocket Internet. Rocket Internet merupakan
perusahaan inkubator daring yang sukses menciptakan perusahaan-perusahaan
online inovatif di berbagai belahan dunia. Berkantor pusat di Berlin, Jerman,
proyek yang dimiliki Rocket Internet, antara lain Zalando, TopTarif, eDarling,
Groupon (sebelumnya CityDeal).
Proyek
yang dimiliki Rocket Internet lainya di Indonesia antara lain zalora,
foodpanda, traveloka. Pada tahap awal pengembangannya Rocket Internet banyak
membantu mulai dari merekrut tenaga ahli, meyuntikan dana, dan
mengimplementasikan platfrom teknologinya. Namun setelah lazada mampu
berkembang secara mandiri, Rocket Internet tidak lagi banyak terlibat dalam
kegiatan operasionalnya. Pada saat ini Rocket Internet lebih berperan dari segi
investasi dan pendanaannya. Selain Rocket Internet, lazada juga mendapatkan
suntikan dana dari beberapa investor besar seperti; JP Morgan, Tesco, Temasek
Holdings, Summit Partners, Investment AB Kinnevik, Access Industries, dan
Verlinvest dengan total pendanaan sekitar $ 520 miliyar.
Lazada
sebagai perusahaan yang bergerak dibidang ritel e-commerce di Indonesia berharap
dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam membeli berbagai jenis produk
dari berbagai kategori, mulai dari produk eloktonik, dekorasi rumah, produk
kesehatan hingga produk kecantikan, dengan cukup mengakses situs maupun
aplikasi dari Lazada. Ditunjang dengan fasilitas multiple payment termasuk
cash-on-delivery, memberikan kemudahan bagi konsumen khususnya di Indonesia
untuk mendapat barang-barang terbaru yang diinginkannya. Selain memberikan
kemudahan transaksi lazada juga memberikan berbagai promo serta diskon dengan
potongan harga murah dan penawaran-penawaran yang pastinya menarik untuk para
pembeli. Untuk informasi mengenai segala produk dapat diakses di website Lazada
indonesia yaitu lazada.co.id. Lazada merupakan perintis e-commerce di beberapa
negara dengan pertumbuhan tercepat di dunia dengan beberapa pengalaman belanja
online cepat, aman dan nyaman. Bagi Lazada prioritas tertinggi adalah untuk
menciptakan pengalaman belanja online terbaik untuk setiap pelanggan di
Indonesia.
Semenjak
tiga tahun beroperasi di Indonesia semenjak Maret 2012 lalu, lazada telah
berhasil mencatatkan beberapa pencapaian yang luar biasa. Pada bulan September
2014 lalu lazada Indonesia berhasil melakukan penjualan secara ekslusif
smartphone Xiaomi Redmi 1S yang berhasil habis terjual dalam waktu tujuh menit.
Di bulan tersebut juga, Lazada disebut sebagai situs e-commerce paling populer
di Indonesia berrdasarkan hasil riset oleh perusahaan riset NusaResearch.
Kemudian di bulan Desember 2014 lazada juga berhasil mengadakan event Online
Revolutin 12.12, yaitu event promo yang diprakarsai oleh Lazada yang juga
diikuti oleh beberapa perusahan raksasa-raksasa e-commerce tanah air, yang
berhasil mencatatkan 10 juta kunjungan pada situs dan aplikasi lazada dalam
kurun waktu 24 jam. Sampai akhir Desember 2014 tahun lalu tercatat total nilai
barang terjual (GMV-Gross Merchandising Volume) di lazada adalah $384 juta dan
mengalami peningkatan 300% dibanding tahun sebelumnya.
CEO
Lazada Indonesia pada saat ini adalah Magnus Ekbom. Ia pindah dari Swedia ke
Asia pada tahun 2011 dan dalam lima tahun terakhir terfokus pada pasar Asia
Tenggara di mana dia sekarang bertempat tinggal di Indonesia. Ia mengungkapkan
saat ini Lazada Indonesia kurang lebih memiliki sekitar lima ratus karyawan. Karena
baiknya system pelayanan, baik dalam kelengkapan produk maupun system
pembayaran, pelanggan lazada berkembang pesat hanya dalam jang ka waktu 1 bulan
sejak didirikan. Tercatat sudah terdapat 1000 pelanggan lazada.co.id. Karena
semakin banyaknya pelanggan, pada Juni 2012, lazada mendirikan sebuah warehouse
dan kantor distribusi guna menampung barang-barang yang akan dijual. Berkat
cepatnya perkembangan lazada.co.id, pada Agustus 2012 lazada menduduki Top 100
Website di Indonesia dan pada September 2012 naik menjadi Top 70 Website di
Indonesia.
Lalu
tim lazada.co.id terus mendongkrak karir website dengan bekerja sama dengan
Sony Music untuk memberangkatkan beberapa pelanggan lazada untuk bertemu dengan
One Direction. Tercatat pada 24 Oktober 2012 Lazada berhasil meraih 100000
likes pada akun facebooknya. Seiring semakin berkembangnya lazada, banyak juga
investor-investor yang berdatangan, seperti perusahaan Kinnevik (lebih dari USD
40 juta), Summit Partners (USD 26 juta), Tengelmann (USD 20 juta).
Tujuan
dari perusahaan ini adalah menjadi salah satu belanja online yang paling top
dan utama di Indonesia serta memberikan pelayanan kepada konsumen secara
maksimal, memberikan inspirasi dalam belanja dan memberikan pengalaman kepada
konsumen dalam memilih-milih produk online. Karyawan yang bekerja di perusahaan
ini merupakan individu yangmempunyai jiwa kewirausahaan, karena mereka berasal
dari sekolah bisnis terbaik dan perusahaan di seluruh dunia. Oleh sebab itu
tidak diragukan lagi kualitas dalam pemberian pelayanan kepada konsumen yang
akan di berikan secaramaksimal. Pelayanan yang Lazada berikan memiliki
kelebihan tersendiri dalam pasar Indonesia, antara lain:
1.
Pilihan Produk Berkualitas yang beragam
Di
Lazada Indonesia dapat dijumpai 12 kategori produk utama mulai dari peralatan
rumah tangga, Elektronik rumah tangga, Handphone & Aksesoris, Kamera,
Komputer, TV, Video & Audio, Mainan & Bayi, Kesehatan & Kecantikan,
Tas & Koper, Olahraga & Otomotif, Musik & Instrumen, dan Buku.
2. Penawaran Khusus atau Promo Produk
Dalam
belanja online seperti Lazada Indonesia juga sangat memperhatikan dinamika
kehidupan masyarakat Indonesia. Berbagai penawaran istimewa dilakukan baik yang
tidak bertema maupun yang disesuaikan degan tema. Ini tentu saja menjadi
kelebihan dari belanja online karena eksekusi promo secara bersamaan antar tema
dalam e_commerce lebih mudah dilakukan disbanding di dalam toko fisik.
3.
Layanan Super Untuk Raja
Di
dunia online anda adalah raja karena anda tinggal pencet telepon bila ingin
menanyakan produk, atau complain mengenai layanan, anda tinggal klik, barang
diantar, anda tinggal pilih model pembayaran, atau bahkan anda tinggal minta
jam berapa barang harus diantar ke rumah anda, dll. Tidak perlu repot dengan
senua hal yang ada dalam belanja konvensional.
Di
Lazada Indonesia memiliki banyak layanan luar biasa atau layanan super antara
lain :
a. Layanan Telepon Hotline
Anda
dapat melepon ke nomor telepon yang tercantum di web.
b. Gratis Biaya Kirim ke seluruh Indonesia
Kini
Lazada Indonesia memeberikan gratis ongkos pengiriman di Indonesia bagian barat
dan tengah, dengan minimum akumulasi pembelian sebesar Rp 200.000
c.
Pengembalian barang dalam 14 hari
Lazada
Indonesia memberikan waktu 14 hari kepada para pelanggan untuk melakukan
penukaran barang atau pengembalian uang jika terdapat kerusakan atau
ketidaksesuain barang pesanan.
pengembalian
barang dilakukan dengan cara mengisi formulir online di website Lazada kemudian
pengembalian barang akan diproses lebih lanjut.
d. Waktu Kirim
Walaupun
belum menerapkan waktu kirim hari yang sama (same day delivery), tapi Lazada
Indonesia sudah membuktikan kemajuan baik dalam hal layanan pengiriman. Kini
pengiriman dilakukan dalam rentang waktu 2-6 hari ke seluruh Indonesia.
STRUKTUR
ORGANISASI LAZADA
Sumber:
0 komentar:
Posting Komentar