Dalam UKM untuk
merelisasikan potensi ekspor ditentukan dari kombinasi faktor-faktor keunggulan
yang dimiliki UKM Indonesia atas pesaing-pesaingnya. Keunggulan koperatif yang
dimiliki Indonesia seperti padat karya dalam membuat produk-produk terutama
barang-barang kerajina , bahan baku yang berlimpah. Tapi sangat disayangkan SDM
yang kita masih sangat lemah dalam hal mengembangkan kerajinan ini mereka kurang
mendapatkan wawasan tetang pemasaran suatu produk, manajemen dan dalam hal
menggunakan proses produksi yang modern apabila mereka dapat menggunakan proses
produk manajemen sangat membantu proses produksi menjadi lebih efisien.
Selain
konstribusinya terhadap pertumbuhan kesempatan kerja dan sebagai salah satu
sumber penting pendapatan UKM di Indonesia juga sangat diharapkan karena memang
mempunyai potensi besar sebagai salah satu sumber penting perkembangan
(diverifikasi) dan pertumbuhan X, khususnya X manufaktur.
Kemampuan UKM
Indonesia untuk merealisasikan potensi X-nya ditentukan oleh suatu kombinasi
dari sejumlah faktor-faktor keunggulan relatif yang dimiliki UKM Indonesia atas
pesaing-pesaingnya baik dari dalam (UB) maupun luar negeri.
0 komentar:
Posting Komentar